Ideas Menabung Agar Terhindar Dari Perilaku Konsumtif

Bunda juga bisa memberikan wadah yang bervariasi, misalnya untuk uang yang akan disumbangkan, atau untuk uang yang akan dialokasikan untuk keinginan si Kecil seperti mainan, permen, dan lain-lain. Setelah semua informasi sudah didapatkan, penasihat keuangan akan mencari jenis asuransi pendidikan yang sesuai dengan kondisi keuangan orang tua. Hal yang paling tidak diinginkan adalah saat orang tua meninggal dunia. Sebelum itu terjadi baiknya orang tua sudah memiliki tabungan yang menjamin pendidikan anak sampai perguruan tinggi. Diskusi ini menjadi penting untuk anak yang tinggal jauh dari orang tua, misalnya bersekolah atau berkuliah di kota lain. Dia akan memiliki tanggung jawab sendiri mengelola uang yang dimiliki dalam sebulan.

Pentingnya menabung sejak dini

Kegiatan memasukkan uang ke dalam celengan menjadi momen yang bisa dikenang saat ini. Bahkan bagi sebagian orang, tempat mereka untuk menimba ilmu atau sekolah mereka dahulu menyediakan fasilitas bagi muridnya untuk menabung, lalu mencatatnya di buku tabungan. Bisa memiliki cadangan uang sendiri, juga menjadi salah satu manfaat menabung sejak usia dini yang bisa kamu dan anak dapatkan. Dengan memiliki tujuan keuangan yang jelas dan matang maka kamu akan lebih semangat untuk menabung dan mencapai tujuan keuangan kamu. Mengajarkan anak cara merencanakan dan mencatat pengeluaran bisa membantu anak untuk menabung karena ketika anak sudah terbiasa, ia akan tahu berapa uang yang perlu ia simpan di tabungan.

Jika anak mendapat uang saku, meminta mereka mencatat pembelian mereka setiap hari dan menjumlahkannya di akhir minggu bisa menjadi pengalaman yang membuka mata mereka. Bagi seorang anak jika disuruh menabung tanpa menjelaskan alasannya, mungkin akan sulit untuk merealisasikannya. Membantu anak-anak menentukan tujuan menabung bisa menjadi cara yang lebih baik untuk membuat mereka termotivasi. Berikan gambaran, mereka dapat menggunakan anggaran sendiri untuk memnuhi kebutuhan dan keinginan, dan ajarkan bagaimana mereka harus mengatur pengeluaran.

Melibatkan anak dengan pengeluaran rumah tangga akan membantu mereka memahami gambaran besar biaya dan pengeluaran. dari usia anak sampai mereka dewasa, menabung akan melatih disiplin dan menumbuh kembangkan karakter anak, “ imbuhnya. Mengajarkan si Kecil agar terbiasa menabung bisa menjadi investasi yang baik untuk masa depan. Namun, jangan lupa Bunda dan Ayah juga harus terus menstimulasi kecerdasan majemuk anak lainnya, dengan menggunakan rencana bermain yang disesuaikan dengan kecerdasan majemuk yang dimiliki si Kecil.

Jadi pilihlah financial institution yang setoran awalnya sesuai dengan jumlah uang yang sudah dimiliki anak Anda sebelumnya. Anda juga dapat mengatur agar dana secara otomatis dikurangkan dari rekening tabungan Anda, jika saldo pada rekening Anda saat ini tidak cukup untuk menutupi tagihan dan pembayaran. Opsi ini dapat membantu Anda menghindari biaya atau denda; namun, fitur tersebut dapat berbeda dari satu financial institution ke bank lain, jadi pastikan untuk memeriksa dengan penyedia Anda. Liputan6.com, Jakarta Apa yang dapat dilakukan rekening tabungan untuk Anda?

Semakin dini pelajar menyadari manfaat menabung, maka semakin besar manfaatnya untuk masa depan mereka. Sehingga ke depannya dapat mengandalkan tabungan sendiri, tidak bergantung kepada orang tua mereka,” ujar Dapawole. Fimela.com, Jakarta Menabung adalah kebiasaan yang membutuhkan waktu lama dan mungkin akan sulit dilakukan anak-anak dan bahkan beberapa orang dewasa juga belum menguasainya. Menurut survei yang dilakukan Bankrate, sekitar 28%, tidak memiliki tabungan yang disisihkan untuk menutupi biaya darurat. Mengingat hal ini mungkin orangtua akan bisa memotivasi anak untuk menabung sejak dini agar terbiasa hingga ia dewasa. Dengan menabung anda sudah belajar untuk lebih bijak mengatur keuangan yang anda miliki.

Kita harus memulai pikiran dengan mengalokasikan uang yang dimiliki sesuai dengan tujuan tertentu. Kamu akan menyesuaikan waktu untuk dapat memanfaatkan uang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan yang diperlukan. Jika menyimpannya di financial institution, maka pemilik tabungan akan mendapatkan buku tabungan yang berisi informasi seluruh transaksi yang dilakukan. Mayoritas mahasiswa menjawab terakhir kali menabung saat mereka masih duduk di bangku Sekolah Dasar .

Bram