Pengertian Potensi Diri, Jenis, Serta Cara Mengembangkan Dan Mengenali Potensi Diri Lengkap

Umumnya, passion mampu mengantarkan seseorang menjadi lebih mudah untuk menyelesaikan berbagai persoalan. Bahkan untuk menjangkau goal besar pun, ardour akan sangat membantu peningkatan kapasitas diri. Sayangnya, passion pada diri sendiri kadang cenderung susah untuk diketahui. Butuh berbagai proses dan tahapan agar bisa mengenal siapa diri kita yang sebenarnya.

Tanpa adanya sebuah action/tindakan kita tidak akan pernah tahu potensi yang sebenarnya ada dalam diri kita. Jangan pernah takut untuk mencoba jadikan sebagai bentuk eksplorasi diri dan jangan pernah menyerah. Beberapa anak ingin mengulang karena tertantang untuk mencoba aktivitas dengan tingkat kesulitan yang lebih. Anak lain tertantang karena ingin mencoba kembali, mungkin sebelumnya ia merasa belum menguasai dengan baik. Anak menunjukkan respon positif yang terlihat dari ekspresi wajahnya.

Tanyakan dalam hati mengenai kelebihan dan kekurangan diri sendiri, lalu tulis dalam bentuk poin-poin secara detail. Dari poin-poin tersebut, Anda dapat melihat poin mana yang harus dibenahi untuk kemajuan di masa yang akan datang. Lakukan setiap hari sampai Anda mengetahui jati diri yang sebenarnya. Kegiatan ini juga dapat dijadikan untuk introspeksi diri selama ini, dan mengetahui kesalahan yang pernah dilakukan dan menghambat kesuksesan Anda. Akibat dari ketidakmampuan mengenali diri sendiri, Anda tak dapat menggali lebih dalam kelebihan-kelebihan yang dimiliki sehingga potensi itu akan selamanya terpendam tanpa pernah muncul ke permukaan. Ketika Anda diberikan pertanyaan mengenai potensi diri, dan tidak ada jawaban, maka perusahaan akan ragu menerima Anda.

Bukan hanya di dalam kelas, selama kuliah kamu juga bisa mencari wawasan baru dari teman-teman yang kamu jumpai di kampus. Lebih asyik lagi kalau kampus tempat kamu kuliah punya program pertukaran pelajar. Selain ilmu pengetahuan, kamu juga bisa belajar budaya baru.

Mencari tahu apa potensi kita sebenarnya

Salah satu faktor penghambat tersebut adalah sibuk menilai orang lain dan membanding-bandingkan diri dengan orang lain, sehingga kita menjadi manusia “pengikut”. Kalau kita yakin bahwa Allah Maha Adil, maka sebaiknya ketika kita melihat orang hebat, kita harus berfikir bahwa kita juga bisa hebat seperti mereka meskipun dalam bidang yang berbeda. Itu sebabnya salah satu cara mengembangkan potensi diri demi kesuksesan karier dapat kamu lakukan dengan mengidentifikasi tugas penting seperti apa yang harus kamu jalankan dalam pekerjaan. “Setiap orang memiliki potensi yang sama untuk sukses. Perbedaannya adalah seberapa besar motivasi mampu mengalahkan setiap hambatan.”

Bram