Pentingnya Mengajarkan Pengelolaan Uang Sejak Dini

Memberikannya informasi seputar uang dan penggunaannya secara perlahan akan membuatnya paham tentang uang. Jika sewaktu di Taman Kanak-kanak, anak-anak masih sering jajan dan menghabiskan uang saku yang didapatnya, memasuki Sekolah Dasar orang tua mulai dapat mengajari mereka untuk menabung. Anak-anak umumnya belajar tentang cara mengelola keuangan dari orangtuanya. Jadi, secara tidak langsung orangtua adalah inspirasi anak untuk memulai menabung dan menangani uang dengan memerhatikan orangtua mereka. Kalau kamu membiasakan si kecil untuk menabung setiap hari, lama-kelamaan buah hatimu akan terbiasa melakukannya. Menabung tak lagi membuat anak merasa terpaksa melainkan sudah menjadi bagian dari kebiasaan baik yang dilakukan secara disiplin.

Ini akan membuatnya lebih semangat menabung dan paham bahwa menabung itu menyenangkan. Saat si kecil mulai paham bahwa mendapatkan sesuatu tidak semudah membalikkan telapak tangan, kelak akan membuatnya lebih menghargai uang. Namun, di sini Mama Papa jangan asal menyuruhnya berhemat, menabung, dan menghargai uang saja.

BPR melakukan system jemput bola ke sekolah-sekolah, sehingga anak didik terbantu dalam proses penyetoran tabungan. Untuk proses penarikan tabungan dilakukan satu kali dalam satu tahun yaitu pada saat acara pelepasan anak didik. Memang idealnya menabung berorientasi jangka panjang, namun pembelajaran pada anak sebaiknya bersifat jangka pendek. Bisnis.com, JAKARTA – Untuk memiliki kebebasan finansial pada usia muda, maka Anda harus disiplin dalam mengatur kondisi keuangan. Selain orang tua, peran sekolah juga diperlukan untuk membantu anak-anak dalam menabung.

Season merupakan kegiatan edukasi materi akademik dan nonakademik berupa kelas on-line through google meet dan pemberian video pembelajaran melalui youtube untuk siswa Sekolah Dasar. Rangkaian pertama ini berupa kelas online tentang pentingnya menabung sejak dini. Dengan begitu anak tidak akan menghamburkan uang dan akan menumbuhkan sifat saling berbagi dengan sesama. Selanjutnya, saat memasuki 8 tahun anak bisa mulai di beri uang saku yang sifatnya formalitas. Muljono juga menyarankan untuk memberi anak ‘jatah’ belanja makanan kecilnya.

Pentingnya menabung sejak dini

Agustinus Niga Dapawole mengajak masyarakat agar dapat meningkatkan kesadaran menabung sejak dini untuk masa depan anak-anak. Linawati menyebutkan, ada 20 sekolah yang diundang, mulai dariTK hingga SD. Untuk SD siswa kelas four, 5 dan 6 yang diperbolehkan mengikuti lomba baca puisi berbahasa inggris.

Agar lebih aman, kamu dan anak juga bisa menabung di beberapa financial institution ternama dan terpercaya. Dan untuk kedepannya pun ketika ingin menabung kembali, kamu dan anak tidak lagi merasa kesulitan untuk memulainya karena sudah terbiasa. Ini sejatinya menjadi suatu hal yang sangat menguntungkan, karena nantinya dalam kondisi apapun kamu dan anak tidak akan pernah merasa benar-benar kesulitan finansial. Kebiasaan investasi atau mendanai sejak dini ini juga sebetulnya bisa menjadi sangat bermanfaat untuk mental si Anak di kemudian hari.

Bram