Cara Daftar Vaksin 18 Tahun+ Di Jakarta

Tersebar foto yang menampilkan aktor Gary Iskak sedang terbaring di rumah sakit lengkap dengan alat bantu nafas di hidungnya. Berikut ini penjelasan tentang cara mendapatkan vaksin Covid-19 free of charge dari pemerintah. Pemerintah pusat pun akan terus mendukung pemerintah daerah untuk terus melakukan peningkatan jumlah masyarakat yang menerima vaksin. Pihak Kemenkes berharap pelaksanaan vaksinasi ini dapat menekan angka kasus aktif dan mengendalikan COVID-19 di Jakarta dengan mencapai herd immunity melalui pelaksanaannya. Jakarta, CNBC Indonesia – Masyarakat Jakarta sudah bisa melakukan vaksinasi. Calon penerima vaksin tidak sedang mendapat pengobatan gangguan pembekuan darah/kelainan darah/defisiensi imun/penerima transfusi darah/ pengobatan imunosupresan (kortikosteroid & kemoterapi).

Kedua, pasien melakukan reservasi dan melakukan pembayaran. Aplikasi itu akan memunculkan notifikasi pengingat untuk melakukan pembayaran. “Jadi vaksin ini sangat terbatas, jadi enggak bisa order a hundred ribu vaksin tapi enggak ada demand yang real. Ini juga untuk hindari penimbunan. Pasien ini dilakukan registrasi dan melakukan pembayaran,” jelasnya. Dalam penjualannya nanti akan dilakukan lewat beberapa channel baik on-line maupun offline. Untuk proses melalui aplikasi ada 7 tahapan yang harus dilakukan. Presiden Joko Widodo telah meminta Anies Baswedan agar 7,5 juta penduduk di DKI Jakarta sudah divaksin pada Agustus 2021.

Cara mendapatkan vaksin di Jakarta

Aparatur pemerintah baik di pusat maupun daerah serta anggota legislatif sebanyak 2,three juta orang dengan kebutuhan 4,6 juta dosis. Bagi peserta yang berobat rutin untuk berpenyakit kronis lainnya mohon membawa surat rekomendasi vaksinasi AstraZeneca dari dokter spesialis. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia mengatakan, tidak ada syarat khusus untuk mendapat pelayanan vaksinasi Covid-19 kategori masyarakat umum. Vaksinasi Covid-19 terbuka untuk seluruh warga yang sering beraktivitas di wilayah DKI Jakarta, baik ber-KTP Jakarta maupun luar Jakarta. Pelaksanaan vaksinasi diputuskan boleh diberikan kepada seluruh penduduk usia 18 tahun ke atas dengan tetap memprioritaskan tenaga kesehatan, kelompok lanjut usia, dan pelayan publik.

Pilih menu ‘Vaksin C-19’ dan pilih kelompok vaksin program pemerintah. Kemudian ikuti langkah-langkah pendaftaran hingga menerima kode unik untuk ditunjukkan saat datang ke lokasi vaksinasi. Adapun kelompok pertama yang diprioritaskan mendapat vaksinasi adalah, paramedis, TNI, Polri, aparat hukum, dan pelayanan publik sebanyak 3,4 juta orang dengan total kebutuhan 6,9 juta dosis. “Calon penerima vaksin akan menerima SMS notifikasi karena kita mengintegrasikan satu information untuk vaksinasi ini. Informasi satu knowledge ini akan mencatat barcode dari jenis vaksin yang akan didapatkan setiap orang,” jelasnya. Layanan ini bertujuan untuk mempermudah penerima vaksinasi COVID-19 melakukan registrasi dimana pun. Sementara ini registrasi melalui WA tersebut hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan.

Kebijakan ini dikemukakan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Menurut Menkes, lansia cenderung susah untuk dajak vaksin. Sasaran yang tidak memiliki HP akan dikompilasi datanya untuk kemudian dilakukan verifikasi oleh Babinsa/Babinkamtibmas dengan melibatkan Lurah, Kepala Dusun, Ketua RT/RW serta Puskesmas setempat. Memang wajar saja Jakarta, selain Bali, menjadi prioritas. Sebagai ibu kota, vaksinasi di Jakarta digencarkan memang diserukan langsung Presiden Jokowi.

Program layanan Vaksinasi Drive Thru dikhususkan untuk warga dalam kategori lanjut usia , hal ini guna mempermudah proses distribusi vaksin Covid-19. Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan portal pedulilindungi.id/cek-nik. Masyarakat tinggal mengisi kolom NIK untuk melakukan pengecekan apakah namanya masuk dalam daftar penerima Vaksin COVID-19 tahap 1. Primaya Hospital siap menjadi vaksinator atau pelaksana vaksin untuk menjalankan program vaksin gotong royong. Daftarkan 2 lansia yang akan divaksin (ulangi langkah 1-4). Untuk 2 lansia + 1 Non-lansia datang ke lokasi menggunakan 1 mobil ya.

Diketahui DKI Jakarta memang sudah mulai melayani vaksinasi COVID free of charge untuk warga berusia 18 tahun ke atas. Hal ini dilakukan untuk segera mencapai kekebalan komunal atau herd immunity. “Sekarang perluasan vaksinasi di semua provinsi pada usia di atas 50 tahun, kemudian di Juli akan kita lakukan perluasan sampai dengan di atas 18 tahun sesuai rencana,” kata dr Nadia.

Dilansir dari akun Instagram Kemenkes, lansia menjadi salah satu kelompok yang berisiko tinggi saat terpapar Covid-19. Meski jumlah lansia yang terpapar virus corona hanya 10% dari whole kasus, namun tingkat kematiannya mencapai 50%. Melalui laman itu, mereka bisa sekaligus memilih lokasi vaksinasi dan setelahnya menentukan tanggal serta jam kedatangan, dan mengisi information diri sesuai dengan ketentuan.

Bram